Daun Katuk Untuk Darah Tinggi

Daun Katuk Untuk Darah Tinggi

Gambar terkait

Daun Katuk Untuk Darah Tinggi -, Mendengar daun katuk memang sudah tidak aneh lagi karena seperti yang kita tahu bahwa daun katuk selalu identik dengan wanita, baik wanita yang menyusui atau hamil. Sering disarankan kepada mereka agar mengonsumsi daun katuk secara rutin dengan fungsi sebagai pelancar asi yang merupakan makanan utama si bayi. daun katuk juga sering digunakan untuk bahan membuat lauk baik di sayur ataupun ditumis. Daun katuk atau sering disebut sauropus androgynus merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Tumbuhan ini termasuk dalam suku menir meniran dan masih 1 kelompok dengan tumbuhan menteng, cermai, buni. Tumbuhan ini juga termasuk dalam tibus phyllanteae dan subtibus flueggeinae.

Manfaat Daun Katuk Untuk Darah Tinggi

Memiliki kadar kalsium yang sangat rendah bisa mengakibatkan naiknya tekanan darah tinggi. Maka dari itu untuk mengatasinya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk agar tekanan darah tinggi menjadi stabil.

Selain untuk darah tinggi, Daun katuk juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan penyakit yang lainnya, yaitu :

Meningkatkan Metabolisme

Kelelahan, kurang tidur, dan gaya hidup yang kurang sehat tidak jarang membuat daya tahan tubuh seseorang menurun, kebanyakan hal tersebut ditandai dengan adanya flu, sariawan dan demam. Selain mengganggu aktivitas kerja, metabolisme tubuh yang menurun juga bisa mengundang penyakit yang lainnya, salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Sayangnya vitamin C dalam bentuk kapsul terkadang bisa menimbulkan efek samping pada penggunanya dan daun katuk sudah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan aman untuk anda konsumsi. Dengan ini tubuh bisa semakin kuat dan terjaga sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit dari lingkungan sekitar.

Baca juga : Akar Wangi Untuk Darah Tinggi

Mengobati Bisul

Bisul umumnya berbentuk benjolan yang berisi nanah akibat infeksi. Selain menyebabkan rasa sakit, Kehadiran bisul juga bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Tidak jarang bisul tumbuh di bagian belakang tubuh sehingga menyebabkan seseorang sulit untuk duduk.

Berikut ini ada beberapa cara mengolah daun katuk untuk bisul :

– Siapkan beberapa lembar daun katuk yang selesai dicuci

– Tumbuh sampai lumat dan balurkan ke daerah yang tumbuh bisul

– Biarkan mengering dan kemudian bilas dengan air hangat.

Menjaga Kesehatan Mata

Apabila penglihatan anda mengalami masalah, mungkin asupan vitamin A yang anda konsumsi selama ini masih kurang. Untuk mendapatkan asupan vitamin A alami, cobalah untuk banyak mengonsumsi daun katuk. Vitamin A yang ada dalam daun katuk mengandung senyawa antioksidan yang bisa menghambat infeksi virus yang bisa menyerang mata.

Mengatasi Sembelit

Susah buang air besar mengakibatkan perut menjadi tidak nyaman. Masalahnya makanan yang anda konsumsi terus tertimbun sehingga proses pencernaan menjadi tidak lancar, hal ini mengakibatkan kinerja organ tubuh yang lain pun ikut terganggu karena tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan sempurna. Kandungan serat yang tinggi di dalam daun katuk mampu mengatasi masalah sembelit.

Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium pada daun katuk bisa membantu memadatkan tulang. Terhadap ibu hamil daun katuk sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang belakang dan tulang kaki supaya mampu menyangga bobot kandungan yang kian membesar dari bulan ke bulan.

Mengatasi Anemia

Zat besi merupakan mineral yang tugasnya untuk membentuk hemoglobin yang bisa mengantarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Apabila seseorabg kekurangan zat besi, maka oksigen dalam darah pun berkurang dan sel sel darah tidak akan berwarna merah. Akibatnya, tubuh nudah lelah, pusing, dan metabolisme tubuh menurun. Sementara itu pada ibu hamil anemia bisa menurunkan tingkat kecerdasan anak. Maka dari itu daun katuk perlu dikonsumsi karena mengandung cukup banyak zat besi.

Itulah beberapa manfaat dari daun katuk untuk kesehatan dan pengobatan penyakit, semoga bermanfaat.

Sumber : www.darahtinggi.obatherbalhipertensi.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *